Top Social

Kompetisi Kalkulator Tingkat Nasional

March 15, 2014
Lucu kan? 
Sama seperti yang saya pikirkan saat mendengar Kompetisi Sempoa Tingkat Nasional. 
Sempoa itu kan alat hitung. Asalkan kamu tahu bagaimana cara melakukan operasi di sempoa, tak ada bedanya sempoa dengan kalkulator.

Bedanya, di kalkulator, kita harus memencet suatu tombol untuk melakukan operasi hitung, sedangkan pada sempoa, kita harus memindahkan biji - biji tertentu. Tidak ada proses berpikir, kecuali mengingat bagaimana cara memasukkan angka - angka tersebut ke mesin hitung.
Lalu, mengapa ada kompetisi sempoa tingkat nasional, tetapi tidak ada kompetisi kalkulator tingkat nasional?
Malah saya berpikir lebih baik diadakan kompetisi kalkulator ilmiah tingkat nasional daripada kompetisi sempoa. Karena terdapat lebih banyak operasi hitung yang bisa dilakukan dan terkadang tak mudah untuk melakukan operasi - operasi tersebut.
Yang dilombakan pada kompetisi sempoa tingkat nasional itu sebenarnya hanya seberapa cepat anak - anak tersebut bisa menggerakkan jari - jari mereka untuk memindahkan biji - biji sempoa, bukan begitu? Sama halnya dengan kompetisi kalkulator. Jadi, jangan samakan anak - anak yang jago “bermain” sempoa dengan anak - anak pemenang kompetisi ilmiah.
Bagi anda yang memiliki anak yang jago “bermain” sempoa, silakan pikirkan opsi untuk mengalihkan bakat anak anda ke arah pemain piano, atau bahkan pesulap.
Post Comment
Post a Comment